Senin, 04 Maret 2013

Fajrul islam



Sekolah dasar Islam Terpadu (SDIT) dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Fajrul Islam Kabupaten pekalongan yang memiliki ciri khas kurikulum terpadu, yaitu keterpaduan antara ilmu Dien dan dunia. Artinya dengan ilmu Dien akan benar akhlak, ibadah dan aqidahnya dan dengan  ilmu dunia akan tegak kemashlahatan hidupnya. Full Day School (belajar  sehari penuh) berusaha mendidik generasi bangsa ini menjadi manusia yang memiliki pemahaman Islam secara kaffah (komprehensif).
Pendidikan bertujuan meningkatkan derajat insani sebagai hamba and khalifah Allah di muka bumi. Dengan mengembangkan potesi-potensi yang dimiliki. Manusia yang berkualitas adalah orang-orang yang bertaqwa. Oleh karena itu, orientasi pendidikan bertumpu pada Al Qur’an dan As Sunnah dengan manhaj salafus Sholeh, serta pengembangan kemampuan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan untuk melaksanakan fungsi pengabdiannya kepada Alloh Subhallah Wa ta’ala, yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Dengan tenaga pendidik dan pengelola yang profesional , semangat, santun, dan penuh kasih sayang. SDIT dan TKIT Fajrul Islam siap mengantarkan siswa menjadi generasi pilihan yang unggul dalam aqidah, akhlak, prestasi akademik, ibadah, dan kreatif.
Tahfidhul quran
VISI
Menjadi sekolah dasar yang unggul dan kompetitif ditingkatnya serta menjadi kebanggan ummat dengan 4 (empat) indikator keunggulan :
·         Unggul dalam aqidah yang kuat
·         Unggul dalam pembentukan akhlaqul karimah
·         Unggul dalam aktifitas keagamaan
·         Unggul dalam prestasi akademik

MISI

1.       Menyelenggarakan pola pendidikan alternatif yang berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah Sallahu alaihi wassalam dengan sasaran pengembangan yang komprehensif dan seimbang, meliputi : ruhiyyah (kejiwaan) , fikriyyah (pemikiran), dan ijtimiyyah (sosial).
2.       Menerapkan managen partisipatif, dengan melibatkan seluruh komponen sekolah dan yang terkait dengan proses pendidikan.
3.       Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah


WAKTU KEGIATAN  BELAJAR MENGAJAR
TKIT                                       : Mulai jam 08.00-11.00 WIB
SD kelas I dan II                 : Mulai jam 06.45-12.30 WIB
SD Kelas III s/d VI             : Mulai jam 06.45-14.15 WIB

FASILITAS
·         Ruang kelas yang nyaman
·         Halaman luas, bebas asap rokok dan pedagang kaki lima
·         Perpustakaan
·         Ruang ukas
·         Tempat ibadah/Masjid
·         Tempat bermain yang kondusif
·         Peralatan olahraga, dan lain-lain

AKTIFITAS KEGIATAN HARIAN
Penyambutan, Apel Pagi dan Motivasi, Do’a Pagi, Do’a Tahfidz Al Qur’an Hadist, Kegiatan Reguler, Shalat Dhuha, Makan Snack, Shalat Dzuhur, Penutup, Pulang.


KEGIATAN PENUNJANG
·         Tahfidzul Al Qur’an target 1-6 juz
·         Hafalan Hadist
·         Muri-Q
·         Bahasa Arab
·         Bahasa Inggris
·         Pelatihan Komputer
·         Life Skill
·         Out Bound
·         Renang
·         Kunjungan

KURIKULUM DAN METODE PEMBELAJARAN

Kurikulum yang digunakan di SDIT Fajrul Islam meliputi Kurikulum Diknas, kurikulum Diniyah, dan kurikulum unggulan SDIT Fajrul Islam Kabupaten Pekalongan.
Kurikulum TKIT Fajrul islam meliputi aspek perkembangan bahasa, kognitif, fisik, motorik, seni, sosial emosional, kemandirian serta aspek moral dan nilai-nilai agama. Materi keislaman meliputi aqidah, fiqh, ibadah, serta hafalan do’a dan hadist akhlak. Selain itu, telah dikenalkan dengan kosa kata bahasa Arab dan Inggris. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain : menghafal, bercerita, bercakap-cakap, tanya jawab, pemberian tugas, demontrasi, eksperimen, karya wisata.
Pendekatan pembelajaran yang diterapkan TKIT Fajrul Islam berpedoman pada rencana program kegiatan yang telah disusun sehingga seluruh pembiasaan dan kemampuan dasar yang ada pada anak dapat dikembangkan secara optimal. Sistem pembelajaran berorientasi paad prinsip perkembangan anak dan kebutuhan anak. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menarik, bermain sambil belajar serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Jenjang pendidikan di TKIT ditempuh selama 2 tahun, dalam kurun waktu 2 tahun dihafapkan santri mampu menghafal Al Qur’an juz 30 sebagai program unggulan. Sedangkan di SDIT ditempuh selama 6 tahun, target hafalan Al Qur’an 1-6 juz dan hafalan hadist-hadist pilihan.

SYARAT PENDAFTARAN
1.       Telah berusia 6 tahun untuk SDIT pada bulan juli
Telah berusia 4 tahun untuk TKIT pada bulan juli
2.       Mengisi formulir Pendaftaran
3.       Membayar biaya penaftaran sebesar Rp. 40.000,- (SDIT), Rp. 25.000,- (TKIT)
4.       Menyerakatan pas photo hitam putih 3x4 sebanyak 4 lembar
5.       Photo copy akte kelahiran

WAKTU PENDAFTARAN

1.       Pendaftaran
Gelombang I
Gelombang II
16 Februari – 15 Mei 2013
16 Mei – 09 Juli 2013
2.       Test
10 Juli 2013

3.       Pengumuman
11 Juli 2013

4.       Daftar Ulang
12 Juli 2013

               
  
APA KATA MEREKA
“Saya senang anak saya bisa di TKIT, karena biaya yang murah dan terjangkau. Selain itu jajan anaknya juga cukup Rp. 1000 setengah hari. Dan yang terpenting anaknya sudah hafal Juz Amma saat lulus TK. Saya sendiri malah belum hafal.” (Ibu Saropah – Bondansari, HP. 08574022282
“Setelah anak saya sekolahnya saya pindah dari TK biasa ke TKIT para juara, Alhamdulillah anak saya mengalami kemajuan pesat dalam segala hal termasuk membaca dan berhitung, hafalan do’a, hadist dan suratnya juga banyak sekali.” (ibu Baroroh – Wonokerto, HP 085642649490)
“Alhamdulillah setelah sekolah di Fajrul Islam anak saya jadi nyantelan (mudah menghafal), saya jadi senang sekali karena berbeda sekali dengan kakaknya yang sekolah di TK biasa.” (Ummu Ahlul, HP. 085727940777)
“Setelah saya pindahkan dari SD Negeri, Alhamdulillah kemampuan baca Al Qur’an and hafalan Al Qur’an dan hadist sangatlah memuaskan, karna waktu di SD Negeri kemampuan baca Al Qur’an tidak bisa sama sekali.” (Abu Fillah, Pekalongan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar